Efektivitas Jejaring Sosial



Efektivitas Jejaring Sosial, politik, massa
Foto dari Pixabay


Jejaring sosial saat ini tidak lagi sekedar menjadi alat penghubung antar teman lama, tapi lebih dari itu. Berbagai peristiwa akhir-akhir ini, mulai dari Revolusi Mesir, kemenangan Barrack Obama menjadi Presiden Amerika Serikat, hingga pertengkaran antar selebritis yang kesemuanya di awali dari jejaring sosial. Bisa dibilang, jejaring sosial dapat menjadi senjata yang ‘mematikan’, tidak hanya di bidang politik, sosial, budaya, bahkan ekonomi.

Salah satu keunggulan dari jejaring sosial adalah karena media ini memiliki konektivitas yang lebih luas. Kita bisa berinteraksi dengan banyak orang dan menyebarkan informasi dari satu wilayah ke wilayah lain dalam hitungan detik. Dengan kata lain, jejaring sosial mampu menghilangkan sekat ruang dan waktu.

Tidak hanya itu, jejaring sosial dapat memunculkan berbagai ide atau gagasan yang baru juga unik. Jejaring sosial juga menjadi ajang untuk mengasah kreativitas para netizen. Meme #saveHajiLulung merupakan salah satu contohnya, bagaimana sikap kritis masyarakat disampaikan dengan lebih menghibur daripada menyakiti.

Sisi lain keunggulan jejaring sosial adalah karena media ini bisa dikatakan bebas kepentingan. Tidak ada bos, tidak pula ada bawahan. Semua tergerak karena memiliki tujuan yang sama, aspirasi yang sejalan, dan keinginan yang searah. Kekuatan ini lah yang ditakuti oleh beberapa media mainstream sebagai ancaman terbesar mereka. Bahkan di beberapa Negara merasa kuatir akan dampak jejaring sosial yang begitu besar ini bagi masyarakatnya, seperti di China yang mengharuskan pengguna jejaring sosial wajib sertakan KTP, atau militer Thailand yang mengancam untuk memblokir jejaring sosial.

Tidak mengherankan apabila jejaring sosial menjadi wadah yang menakutkan dibanding warung kopi sebagaimana Revolusi Perancis maupun kampus dengan reformasi 1998-nya, ungkap Roby Muhamad, seorang peneliti dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia dan juga pakar jejaring sosial di laman Kompas. Sepertinya jejaring sosial telah berevolusi menjadi media yang komunikatif, efisien, dan efektif saat ini.

Related Posts:

0 Response to "Efektivitas Jejaring Sosial"

Posting Komentar