Tentang Batu Bacan: Keistimewaan, Keunikan, Harta Terpendam dari Maluku Utara




Provinsi Maluku Utara tidak hanya dikenal sebagai penghasil rempah-rempah, namun di Wilayah Halmahera Selatan, sudah dikenal lama keharuman nama batu ini. Keistimewaan dan keunikan batu bacan telah menjadi harta terpendam bagi provinsi Maluku Utara. Penghasil batu mulia yang dianggap ‘bernyawa’ ini sebenarnya berasal dari Pulau Kasiruta, namun pemberian nama bacan pada batu tersebut dikarenakan di Pulau Bacan-lah tempat pertama kali batu ini diperdagangkan.

Meskipun sudah terkenal sejak abad pertengahan lalu, akan tetapi fenomena batu akik beberapa tahun belakangan ikut mendongkrak popularitas batu bacan. Kepopuleran batu bacan tidak hanya sebatas di Indonesia saja, tetapi sampai ke Eropa, Amerika, China, juga Arab. Hal ini tentu saja karena keistimewaan dan keunikan batu bacan sehingga untuk mendapatkan batu ini, seorang penambang harus menggali tanah dengan kedalaman lebih dari 10 meter.

Batu yang bernyawa. Secara alami batu bacan memiliki kemampuan untuk berubah warna secara alami. Misalnya batu bacan yang berwarna hitam secara perlahan dapat berubah menjadi hijau, dan secara bertahap pula akan bermetamorfosis ke warna hijau bening sepert mengkristal. Umumnya para pemilik batu bacan akan memakainya (dalam bentuk cincin, kalung, atau aksesoris di sabuk) secara terus-menerus, hal ini untuk mempercepat perubahan warna batu tersebut.

Batu bacan sendiri memiliki warna yang beragam, meskipun secara umum warna hijau lebih dikenal luas oleh masyarakat. Diantaranya ada yang berwarna kuning tua, kuning muda, merah, coklat, coklat kemerahan, putih susu, hingga keunguan. Karena keindahan dan keistimewaan inilah batu bacan sering dijadikan suvenir atau cinderamata, bahkan Presiden Amerika Serikat Barrack Obama di hadiahi cincin batu bacan ketika berkunjung ke Indonesia.

Mempunyai “kekuatan mistis”. Batu bacan ini dipercaya memiliki kekuatan untuk menangkal sihir. Namun keistimewaan atau keunikan batu bacan ini dikarenakan adanya kekuatan metalik yang terdapat di dalamnya. Sehingga batu bacan ini mampu menyerap senyawa yang melekatnya dan bahkan mampu untuk menggerakkan layar handphone touchscreen.

Kemampuan batu bacan dalam menyerap senyawa yang menempelnya, dipercaya oleh masyarakat bahwa batu ini memiliki sifat untuk menetralisir ion-ion dan memperlancar peredaran darah sehingga mereka yang memakainya dapat membantu mengontrol emosi negatif.

Sebagai salah satu hasil bumi Indonesia, dengan keistimewaan dan keunikan batu bacan ini, tentunya perlu di dukung oleh semua pihak sebagai harta terpendam nusantara yang mendunia.

Related Posts:

0 Response to "Tentang Batu Bacan: Keistimewaan, Keunikan, Harta Terpendam dari Maluku Utara"

Posting Komentar